Tanpa diberi gula, ini cara bikin jus semangka untuk bantu menurunkan kolesterol dan asam urat

Tanpa diberi gula, ini cara bikin jus semangka untuk bantu menurunkan kolesterol dan asam urat
freepik.com ; TikTok/@kak_linaa

Brilio.net - Semangka termasuk salah satu buah tropis. Buah berdaging merah ini sering dikonsumsi sebagai camilan sehat. Selain mudah didapat, semangka juga termasuk buah yang menyegarkan karena kandungan airnya tinggi.

Tak hanya dikonsumsi langsung, buah semangka juga kerap diolah lagi jadi berbagai macam menu. Mulai dari dessert, kue, campuran es, hingga jus.

Nah, mengolah semangka jadi jus ternyata dianggap menjadi minuman sehat sekaligus melegakan dahaga.

Biasanya jika diolah jadi jus, semangka akan dicampur dengan sejumlah bahan, mulai dari gula, susu, hingga es batu. Penambahan bahan ini dinilai dapat membuat semangka jadi lebih enak dan manis.

Padahal tahu nggak sih, menambahkan gula ke dalam jus semangka bisa membuat kadar gula di dalamnya jadi meningkat drastis. Pada dasarnya, buah semangka sudah memiliki glukosa atau gula alami. Oleh sebab itu, ada rasa manis yang khas ketika mengonsumsi buah semangka.

Nah, rasa kandungan glukosa alami pada semangka ini memang dinilai rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes. Namun selain aman untuk diabetes, semangka yang diolah jadi jus juga bisa bermanfaat untuk hal lain, lho. Mengonsumsi jus semangka dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan asam urat.

Namun jika ingin mendapat khasiat untuk kolesterol dan asam urat, kamu perlu menambahkan bahan lain saat membuat jus semangka. Seorang pengguna TikTok @kak_linaa pernah membagikan cara bikin jus sehat dengan bahan dasar semangka.

Nah, saat membuat jus, dia tidak menambahkan gula, namun justru bahan lain yang lebih ampuh dalam meningkatkan nutrisi pada jus tersebut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya