Tanpa direbus, ini trik jitu mengempukkan daging sapi agar mudah dikunyah dan tak berubah rasa

Tanpa direbus, ini trik jitu mengempukkan daging sapi agar mudah dikunyah dan tak berubah rasa
foto: YouTube/Chef Way Esq

Brilio.net - Daging sapi termasuk salah satu lauk pendamping nasi favorit banyak orang. Daging sapi bisa diolah jadi aneka masakan lezat, mulai dari rendang, semur, soto, steak, sate, gulai, tongseng, dan masih banyak lagi. Daging sapi juga disukai karena mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, lho.

Dilansir dari beefcentral.com, daging sapi mengandung protein yang tinggi buat meningkatkan massa otot dan tulang. Di samping itu, daging hewani satu ini juga kaya akan mineral, terutama zat besi untuk mencegah anemia.

Namun, buat kamu yang punya riwayat penyakit darah tinggi, sebaiknya jangan mengonsumsi daging merah seperti sapi secara berlebihan, supaya kondisi tubuh tetap stabil.

Terlepas dari keunggulan daging sapi, masih ada sejumlah orang yang menghindari bahan makanan satu ini untuk dimasak di rumah, lho. Pasalnya, daging sapi terkenal punya tekstur cukup alot, sehingga membutuhkan proses masak cukup ribet dan lama di dapur. Biasanya, daging sapi harus direbus terlebih dahulu selama puluhan menit atau bahkan berjam-jam.

Padahal, kalau sudah tahu trik mengempukkan daging sapi, dijamin kamu jadi ketagihan memasak lauk satu ini di rumah. Salah satu triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Chef Way Esq. Menurutnya, pakai trik ini, daging sapi jadi auto mudah dikunyah dan tidak akan berubah rasa. Penasaran gimana triknya?

Pertama, potong daging sapi berlawanan dengan arah serat. Teknik memotong daging seperti ini dipercaya bisa memecah otot-otot di dalam daging, sehingga teksturnya jadi lebih lunak usai dimasak nanti, lho. Kemudian, campurkan daging dengan baking soda dan air secukupnya.

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya