Tanpa direndam air, ini trik cepat mengupas bawang merah tanpa bikin mata perih

Tanpa direndam air, ini trik cepat mengupas bawang merah tanpa bikin mata perih
TikTok/@bawanggoreng_simbok

Brilio.net - Bawang merah merupakan bahan dasar dari segala jenis masakan. Hal tersebut sontak membuat sejumlah orang menyimpannya dalam jumlah banyak sebagai stok.

Aroma bawang merah yang menyengat ini bisa menambah cita rasa, lho. Walaupun begitu, banyak juga yang kerap menemui masalah saat hendak menggunakan bawang merah untuk memasak. Salah satunya adalah pada tahap pengupasan.

Mengupas bawang merah jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Bukan tanpa sebab, kulit bawang yang cenderung tipis dan berlapis-lapis membuatnya sulit dikupas. Nggak cuma itu, mengupas bawang merah juga bisa mengeluarkan senyawa sulfur yang pekat. Reaksi kimia dari senyawa ini bisa menyebabkan mata perih dan berair.

Untuk mencegah hal tersebut, sejumlah orang lantas menggunakan berbagai macam trik. Salah satunya adalah merendam bawang di air. Sejumlah orang bahkan ada yang menggunakan air panas untuk melunakkan kulit bawang ini.

Walau bisa ampuh membuat proses pengupasan jadi lebih mudah, namun metode ini bukan tanpa efek samping, lho. Bawang yang sudah dikupas biasanya jadi lebih lembek. Bahkan jika terlalu lama direndam, bawang bisa matang dan sulit diolah nantinya.

Biar lebih aman, kamu bisa menerapkan trik yang dipraktikkan oleh pengguna TikTok @bawanggoreng_simbok. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan trik sederhana saat mengupas bawang. Trik yang diterapkan ini tidak menggunakan air, sehingga bawang nggak akan lembek.

"Ini trik mengupas bawang merah, tanpa air hangat dan air mata. 1 menit dapat buanyak banget. Cara ini sudah si mbok lakuin selama bertahun-tahun," ujar TikTok @bawanggoreng_simbok.



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya