Tanpa ditambah tepung, ini trik menggoreng ikan agar minyak tak meletup, antilengket dan matang merata

Tanpa ditambah tepung, ini trik menggoreng ikan agar minyak tak meletup, antilengket dan matang merata
foto: YouTube/TIPS MASAKAN SEHAT

Brilio.net - Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan laut melimpah. Ada banyak jenis ikan yang bisa diolah jadi masakan lezat dan menggugah selera. Selain enak, olahan ikan juga mengandung protein tinggi yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika menu masakan ikan dilewatkan begitu saja.

Di antara berbagai macam olahan, ikan goreng jadi andalan kebanyakan orang. Bukan tanpa alasan, cara membuat ikan goreng memang terbilang praktis. Meski cara memasaknya simpel, namun ikan goreng tetap bercita rasa gurih sehingga cocok untuk dijadikan lauk pendamping nasi.

Meski begitu, ikan yang akan digoreng biasanya masih mengandung air yang banyak. Hal ini akan menyebabkan minyak goreng meletupsaat proses penggorengan. Belum lagi, kulit ikan yang tipis juga menempel di permukaan wajan. Alhasil, ketika dibalik atau diangkat ikan yang digoreng bisa hancur dan nggak utuh lagi, deh.

Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja menaburkan tepung terigu ke dalam minyak goreng. Bahan satu ini dipercaya bisa menyerap kandungan air di dalam ikan. Alhasil minyak goreng nggak meletuplagi. Sayangnya, penambahan tepung terigu menyebabkan minyak bekas goreng ikan jadi kotor.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube TIPS MASAKAN SEHAT. Di salah satu unggahannya, ia mengaku punya cara tersendiri untuk menggoreng ikan. Meski tanpa tambahan tepung terigu, ikan goreng yang dihasilkan tetap berbentuk utuh dan minyak goreng tak meletup.

Lantas bagaimana caranya?

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya