Tanpa garam dan micin, ini trik agar tanaman tomat cepat berbuah dan tak mudah rontok

Tanpa garam dan micin, ini trik agar tanaman tomat cepat berbuah dan tak mudah rontok
foto: YouTube/Productive Garden

Brilio.net - Tomat termasuk bahan dapur yang sering dipakai untuk memasak. Selain itu, tomat juga kerap dikonsumsi dalam bentuk jus atau campuran salad. Banyaknya kegunaan tomat ini lantas membuat sejumlah orang menyetoknya dalam jumlah banyak di rumah.

Namun selain menyetok tomat, sebenarnya kamu bisa menanamnya langsung di halaman rumah. Dengan begitu kamu dapat menggunakan tomat segar yang dipanen sendiri. Selain lebih hemat, tomat segar yang berkualitas tentu akan enak saat dikonsumsi.

Di sisi lain, tomat adalah salah satu jenis tanaman yang cocok untuk kamu yang baru mulai berkebun. Hal ini lantaran cara menanam tomat tidaklah terlalu rumit. Bahkan kamu bisa membudidayakan tomat ini dalam pot, polybag, ataupun di tanah lapang.

Tapi sebagaimana menanam tanaman lain, terkadang ada kendala tersendiri saat menanam tomat. Mulai dari daunnya yang busuk, berjamur, tanaman yang tidak cepat berbuah, hingga daun dan buahnya yang mudah rontok. Segala jenis masalah tersebut tentu bisa menghambat pertumbuhan tomat.

Jika kamu mengalami masalah seperti itu, biasanya sejumlah orang akan menggunakan garam atau micin. Kedua bahan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan tanaman, termasuk tomat. Namun dalam beberapa kasus, tanaman yang disiram dengan air garam atau micin justru jadi kering.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya