Tanpa membuang bijinya, begini cara hilangkan rasa pahit terong pakai 1 bahan dapur

Tanpa membuang bijinya, begini cara hilangkan rasa pahit terong pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/Dani and Graeme Go Cycling

Brilio.net - Terong dikenal sebagai salah satu spesies buah. Meski begitu, makanan satu ini memang lebih sering dihidangkan sebagai menu sayur, baik untuk dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan pendamping nasi. Kreasi menu berbahan terong contohnya ada oseng-oseng, gorengan, atau sayur berkuah.

Meski begitu, banyak pula yang kurang suka dengan bahan makanan ini lantaran dianggap punya rasa pahit, lho. Usut punya usut, terong memang memiliki rasa pahit yang khas karena di dalamnya terdapat kandungan pigmen bernama antosianin. Hal ini juga dijelaskan oleh warganet bernama Dami lewat unggahan di YouTube pribadinya Dani and Graeme Go Cycling.

"Tahu nggak, rasa pahit dalam terong itu akibat dari bahan kimia bernama antosianin? Bahan kimia itu juga mengakibatkan warna pada terong jadi ungu kebiru-biruan," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Dani and Graeme Go Cycling pada Kamis (29/6).

Walaupun punya rasa pahit, tapi antosianin pada terong ini diketahui juga bermanfaat untuk tubuh, lho. Dilansir dari casi.org, antosianin bisa mencegah kerusakan sel maupun DNA pada tubuh. Belum lagi, terong juga mengandung manfaat lain seperti antioksidan, vitamin, serat, dan lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Jadi, nggak perlu takut mengonsumsi terong, kan?

Nah, buat yang nggak doyan dengan rasa pahit pada terong, pemilik akun YouTube Dani and Graeme Go Cycling punya cara mengolahnya yang bisa kamu tiru di rumah, nih.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya