Tanpa micin, ini trik agar pohon kelengkeng cepat berbunga dan buahnya lebih manis pakai 1 bahan dapur

Tanpa micin, ini trik agar pohon kelengkeng cepat berbunga dan buahnya lebih manis pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Kelengkeng dikenal sebagai buah musiman. Dalam 1 tahun, kelengkeng biasanya hanya berbuah di antara bulan Desember sampai Maret. Karena tidak bisa berbuah sepanjang waktu, kelengkeng terkadang dijual dengan harga yang cukup tinggi di luar bulan panen.

Tapi tak perlu khawatir, sebenarnya kamu bisa menyiasati hal tersebut. Buat kamu penggemar kelengkeng, menanam pohonnya sendiri di rumah bisa jadi solusi cerdas. Tidak melulu harus ditanam di lahan luas, kelengkeng sebenarnya bisa tumbuh di area sempit seperti pot atau polybag. Namun perlu perawatan khusus supaya pohonnya bisa cepat berbunga dan hasil buahnya lebih manis.

Untuk merawat kelengkeng, pemberian pupuk menjadi hal yang penting. Selain pupuk utama seperti NPK dan pupuk kandang, pohon kelengkeng juga harus diberi pupuk tambahan. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan micin sebagai pupuk tambahan untuk menyuburkan tanah.

Nah, jika kamu ingin menumbuhkan bunga pada pohon kelengkeng dengan lebih cepat, ada pupuk lain yang bisa digunakan. Seorang petani yang memiliki channel YouTube Hortikultura Nusantara pernah membagikan pupuk yang dipakai untuk mempercepat pertumbuhan bunga pada pohon kelengkeng. Dalam video tersebut, dia mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya