Tanpa perlu direbus, ini trik mengempukkan daging sapi cuma pakai 1 bahan dapur

Tanpa perlu direbus, ini trik mengempukkan daging sapi cuma pakai 1 bahan dapur
Satu bahan sederhana |

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube DAPUR RAYYANKA. Dalam salah satu videonya, warganet satu ini membagikan trik mengempukkan daging tanpa harus direbus. Iya, ia hanya memarinasi daging dengan satu bahan dapur, yakni cuka makan.

Dilansir BrilioFood dari YouTube DAPUR RAYYANKA, Sabtu (15/4), potong terlebih dahulu daging sapi menjadi bagian-bagian kecil. Untuk jenis potongannya, bisa disesuaikan kebutuhan.

Untuk memudahkan proses memotong daging sapi kamu dapat menggunakan talenan loh. Talenan Kayu Wood Cutting Board dapat menjadi talenan pilihanmu. Talenan ini memiliki kualitas yang cukup baik, karena tidak menggunakan pewarna kayu, sehingga aman untuk penggunaan. Dengan dimensi sekitar 17,5x30 cm, talenan ini mampu memberikan area yang cukup untuk kegiatan memotong di dapur. Selain itu, lubang pegangan yang lebar, memudahkan kamu ketika harus menggenggamnya saat proses membersihkan. Yuk, beli produknya di bawah sini.

“Bisa jadi kotak, dadu, ataupun tipis, ya. Untuk sate, steak, ataupun sesuai selera,” jelas pemilik akun.

Tanpa perlu direbus, ini trik mengempukkan daging sapi cuma pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/DAPUR RAYYANKA

Lalu masukkan potongan daging sapi ke dalam wadah. Nah, agar daging sapi menjadi empuk, warganet satu ini menambahkan cuka makan ke dalam wadah tersebut. Jangan lupa diaduk, agar cuka bisa meresap ke seluruh permukaan daging sapi.

“Aku pakai satu botol cuka makan untuk mengempukkan 500 gram daging sapi, remas-remas lalu tutup wadah dan diamkan selama 45 menit ya,” jelasnya lebih lanjut.

Tanpa perlu direbus, ini trik mengempukkan daging sapi cuma pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/DAPUR RAYYANKA

Penggunaan cuka makan ini dipercaya dapat mengubah tekstur daging sapi menjadi empuk nantinya setelah diolah. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di cuka mampu mengurai serat-serat protein di daging sapi.

“Kandungan vitamin C yang banyak dalam cuka mampu mengurai protein daging sapi sehingga bisa mengempukkan secara alami,” paparnya.

Jika sudah direndam selama 45 menit, bilas daging sapi di bawah air mengalir. Pastikan seluruh permukaan daging sapi sudah terbebas dari cuka makan. Dengan begitu, daging sapi pun bisa langsung diolah jadi berbagai hidangan sesuai selera.

Tanpa perlu direbus, ini trik mengempukkan daging sapi cuma pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/DAPUR RAYYANKA

Gimana, gampang banget kan mengolah daging biar empuk? Mulai sekarang, nggak perlu pusing lagi saat akan mengolah daging sapi jadi berbagai hidangan, ya, tinggal praktikkan trik ini saja.

Ditonton lebih dari 7 ribu kali, video trik mengempukkan daging sapi ini pun menuai perhatian warganet. Menilik kolom komentar, tidak sedikit warganet yang mengaku berterima kasih dan ingin langsung mencoba membuatnya.

“Cuka bisa mengempukkan daging, mantap caranya…” tulis akun YouTube MONGGO DIORDER.

“Cuka untuk mengempukkan daging maksimal banget ka.. perfect... ,,” ujar akun YouTube Cengeh Channel Cooking.

“Terima kasih atas perkongsian tips mengempukkan daging. Sangat bermanfaat sekali,” sahut akun YouTube Afiq J.

“Wah dapat ilmu baru lagi tks ilmunya pak sangat bermamfaat,” ucap akun YouTube Dapur Warna Warni.

“Bagus dan bermanfaat kawan berbagi tutor utk mengempukan daging dgn cuka, utk tambah wawasan, salam sukses selalu,” tulis akun YouTube AyoNjajan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya