Tanpa santan dan minyak, wanita ini punya trik masak opor yang lezat, kental, dan menggugah selera

Tanpa santan dan minyak, wanita ini punya trik masak opor yang lezat, kental, dan menggugah selera
Foto:YouTube/Elaine Hanafi

Brilio.net - Opor ayam sering dihidangkan saat momen-momen spesial, seperti Lebaran. Biasanya, opor ayam disajikan dengan potongan ketupat, lontong, atau bahkan nasi. Nggak lupa, acar dan sambal juga dihidangkan sebagai pelengkapnya. Rasa gurih dari opor ayam selalu berhasil menggoyang lidah.

Usut punya usut, rasa gurih opor ayam ini berasal dari santan sebagai campuran kuahnya. Padahal, santan bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan kalau dikonsumsi berlebihan. Dilansir dari healthifyme.com, mengonsumsi santan terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan, sembelit, hingga kolesterol tinggi.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengganti santan dengan bahan lainnya saat memasak opor ayam. Seperti yang ditunjukkan oleh seorang pengguna YouTube Elaine Hanafi. Nggak cuma tanpa santan, opor ayam dibuat wanita ini juga sama sekali tidak mengandalkan minyak goreng sedikit pun, lho. Meski tanpa dua bahan dapur tersebut, opor ayam yang dihasilkan tetap lezat, kental, dan menggugah selera. Nggak cuma itu, opor ayamnya juga bisa dibilang lebih menyehatkan karena rendah kolesterol.

“Ini lebih hemat kalori sekitar 50% dari opor ayam biasa,” ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube Elaine Hanafi pada Senin (8/4).

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya