Tanpa diungkep di panci presto, ini trik bikin opor ayam kampung agar empuk dan juicy dalam 30 menit

Tanpa diungkep di panci presto, ini trik bikin opor ayam kampung agar empuk dan juicy dalam 30 menit
YouTube/Ika Mardatillah

Brilio.net - Opor ayam punya banyak penggemar, karena rasanya gurih dan enak. Hidangan ini biasanya disajikan di hari-hari spesial, salah satunya saat Lebaran. Biar rasanya semakin gurih dan nikmat, banyak orang memilih masak opor menggunakan ayam kampung. Pasalnya, ayam kampung bisa mengeluarkan kaldu yang lebih gurih dibanding broiler biasa.

Tetapi, yang jadi tantangan saat masak opor pakai ayam kampung sudah pasti di proses mengempukkan dagingnya. Jenis ayam satu ini memang memiliki tekstur cenderung alot, sehingga membutuhkan waktu berjam-jam saat direbus. Makanya biar nggak hemat waktu dan gas kompor, ayam kampung biasanya diungkep dulu di panci presto.

Panci presto diketahui punya tekanan panas lebih tinggi, sehingga sangat membantu mempercepat proses masak. Namun, tak semua orang memiliki panci presto di rumah, kan? Belum lagi, ada pula sejumlah orang yang takut menggunakan panci satu ini, lantaran jika keliru, pancinya berisiko meledak.

Nah, buat kamu yang nggak pakai panci presto, jangan khawatir dulu, karena ada trik masak opor ayam kampung lain yang bisa kamu coba di rumah. Salah satu triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Ika Mardatillah. Usut punya usut, meski tak pakai panci presto, trik masak ini hanya membutuhkan waktu 30 menit, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya