Tanpa sitrun, ini trik praktis membersihkan karat di parutan keju pakai 3 bahan dapur

Tanpa sitrun, ini trik praktis membersihkan karat di parutan keju pakai 3 bahan dapur
foto: YouTube/Khisma Arum Firdaus

Brilio.net - Parutan keju termasuk salah satu perabot yang wajib ada di dapur. Alat satu ini sangat berguna untuk memarut dan mengubah bentuk bahan makanan menjadi potongan-potongan halus. Namun secara khusus, parutan ini biasanya dipakai untuk menghaluskan keju agar bisa dipakai untuk topping berbagai makanan.

Pada umumnya, parutan keju ini terbuat dari bahan besi atau stainless steel. Hal ini lantas membuatnya kokoh dan bisa dipakai dalam waktu lama. Selain itu, parutan keju juga bisa dipakai memarut bahan lain seperti rempah kunyit atau jahe karena alatnya yang kokoh.

Namun perlu diketahui bahwa karena berbahan besi dan stainless steel, parutan keju juga termasuk barang yang mudah berkarat. Hal ini bisa terjadi jika parutan keju dipakai terus menerus dan dicuci berkali-kali. Sisa air yang masih menempel ini bisa membuat permukaan parutan berkarat, lho.

Sayangnya, karat ini tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Karena didesain dengan banyak sela-sela kecil, parutan jadi tidak bisa digosok begitu saja. Oleh sebab itu, karat pada parutan harus dibersihkan dengan metode khusus.

Biasanya sejumlah orang akan menggunakan bahan khusus juga untuk menghilangkan karat, seperti sitrun. Jadi parutan akan direndam dalam cairan berisi sitrun. Bahan ini dipercaya bisa merontokkan karat dengan ampuh.

Namun sebenarnya kamu bisa menggunakan bahan lain yang lebih mudah didapat, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Khisma Arum Firdaus pernah membagikan trik membersihkan karat di parutan keju dengan lebih sederhana. Bukan dengan sitrun, dia memilih menggunakan bahan yang ada di dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya