Tanpa tambah tepung terigu, ini trik menggoreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan

Tanpa tambah tepung terigu, ini trik menggoreng ikan agar minyak tidak meletup dan lengket di wajan
foto: YouTube/Masakan Mamakku

Brilio.net - Berbagai jenis ikan bisa diolah jadi aneka lauk makan yang nikmat. Bahan makanan yang terkenal punya protein tinggi ini bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar, ditumis, ataupun dipepes. Nah, salah satu olahan ikan yang jadi favorit banyak orang adalah ikan goreng. Selain enak, cara pengolahan ikan goreng pun terbilang mudah.

Ikan yang sudah dicuci bersih, tinggal direndam dengan bumbu marinasi. Semakin lama direndam, bumbunya pun akan meresap sempurna. Setelah itu, ikan bisa langsung digoreng di minyak panas. Mudah, kan?

Meski terlihat praktis, sebagian orang masih ragu menggoreng ikan sendiri. Lantaran saat dimasukkan ikan dimasukkan ke dalam wajan, minyak goreng di dalamnya malah meletup ke luar. Tak jarang, cipratan minyak goreng sampai mengenai tangan dan muka, lho. Nggak cuma itu, kulit ikan yang tipis juga seringkali jadi lengket di permukaan wajan. Alhasil, saat disajikan ikan goreng tak berbentuk utuh.

Sebagai solusinya, kamu bisa menaburkan tepung terigu ke dalam minyak goreng. Bahan satu ini dipercaya dapat menyerap kandungan air yang ada dalam ikan. Alhasil, minyak goreng pun nggak akan meletup-letup saat proses penggorengan. Hasil ikan goreng pun jadi utuh dan matang sempurna.

Namun ternyata ada cara yang lebih praktis saat menggoreng ikan. Cara ini sempat dibagikan oleh pengguna YouTube Masakan Mamakku. Di dalam video unggahannya, warganet satu ini sama sekali nggak memakai bahan apa pun, termasuk tepung terigu. Meski begitu, hasil ikannya tetap utuh dan tidak lengket di permukaan wajan, lho. Penasaran gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya