Tanpa tambahan minyak, ini cara menanak nasi agar tak mudah basi, antikering, dan warnanya makin putih

Tanpa tambahan minyak, ini cara menanak nasi agar tak mudah basi, antikering, dan warnanya makin putih
foto: YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Menanak nasi sudah menjadi aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh banyak orang Indonesia. Jenis karbohidrat satu ini sudah menjadi makanan pokok yang kerap dikonsumsi bersama aneka lauk protein dan menu sayur. Kandungan karbohidrat di dalamnya bisa membuat tubuh kenyang dan berenergi.

Berbicara soal nasi, sejumlah orang kini sudah jarang yang menanaknya secara manual dengan tungku dan panci dandang (kukusan). Banyak yang memilih menggunakan rice cooker karena dinilai lebih praktis dan hemat waktu. Selain itu, nasi yang dihasilkan juga bisa matang sempurna.

Meski banyak yang mengunggulkan rice cooker, tapi tak dapat dipungkiri bahwa perabot elektronik satu ini juga punya kekurangan tersendiri, lho. Nasi yang ditanak dalam rice cooker biasanya cepat basi dalam waktu kurang dari 12 jam. Tak hanya itu, nasi juga bisa jadi kering dan berubah warna kekuningan. Kualitas nasi yang menurun membuatnya kurang lezat saat disantap.

Untuk mencegah hal tersebut, sejumlah orang terkadang mengandalkan bahan tambahan. Minyak goreng adalah salah satu di antaranya. Penambahan bahan ini dipercaya bisa membuat nasi lebih pulen, awet, dan yang terpenting, tak mudah kering seharian penuh.

Namun tahu nggak sih? Sebenarnya ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Dalam sebuah unggah video yang dibagikan pengguna YouTube Galeri Linda, terdapat tutorial tentang cara menanak nasi agar bisa awet. Walau tanpa tambahan minyak goreng, namun nasi yang ditanah justru makin pulen, putih, dan nggak kering.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya