Tanpa tepung dan air, begini cara bikin telur dadar tebal, padat, dan tidak mudah kempis

Tanpa tepung dan air, begini cara bikin telur dadar tebal, padat, dan tidak mudah kempis
YouTube/Masak Seru

Brilio.net - Makan nasi hangat dengan lauk telur dadar kerap jadi favorit banyak orang. Dengan tambahan sambal atau saus saja, sajian ini bisa bikin perut kenyang. Semakin tebal volume telur dadar, tentu lebih lezat dan mengenyangkan.

Namun kebanyakan tips yang beredar, untuk menambah volume telur dadar adalah dengan menambahkan tepung terigu dan air ke kocokan telur. Sayangnya, tidak semua orang suka dengan campuran adonan tersebut.

Sebagai alternatif lain, sejumlah orang biasanya akan memisahkan bagian kuning dan putih telurnya. Putih telur dikocok terpisah hingga mengembang. Saat dicampur dengan kuning telur dan bahan lain, adonan tersebut memang akan menghasilkan telur dadar yang bervolume.

Namun, perlu diketahui bahwa adonan telur yang dikocok seperti ini cenderung mudah kempis. Sesaat setelah digoreng atau saat dingin, telur dadar bisa langsung kempis. Jadi, trik tersebut bisa dibilang tidak efektif.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik membuat telur dadar ala pengguna YouTube Masak Seru. Dalam salah satu unggahannya, dia mengaku tidak mengandalkan tepung, air, atau teknik mengocok khusus. Namun hasil telur dadar bisa padat, tebal, dan antikempis.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya