Trik gampang vakum makanan tanpa mesin, tahan lama dan antigagal

Trik gampang vakum makanan tanpa mesin, tahan lama dan antigagal
TikTok/@renny.antonious

Brilio.net - Sering memasak di rumah, otomatis juga pasti sering menyimpan stok makanan, baik untuk tiga hari, seminggu, sampai sebulan ke depan. Namun, saat menyimpan bahan makanan, penting untuk memperhatikan caranya biar nggak mudah busuk. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan makanan di rumah, lho.

Misalnya disimpan di lemari pendingin, dikeringkan, dikalengkan, difermentasi, dan yang sering jadi pilihan yaitu divakum. Dilansir dari vacmasterfresh.com, vakum makanan menyebabkan tak ada lagi udara dan oksigen di dalam wadah. Kalau tak ada oksigen, otomatis pertumbuhan jamur serta bakteri pada makanan dapat diminimalisir.

Di sisi lain, dengan divakum, makanan juga nggak mudah dehidrasi dan mengkristal jika dibekukan. Nah, untuk vakum makanan, kebanyakan orang mengira hanya bisa dilakukan pakai mesin. Padahal, ada cara lain yang lebih ekonomis untuk memvakum makanan, lho.

Cara vakum ini cocok banget buat ibu-ibu di rumah maupun pemilik bisnis kuliner kecil-kecilan. Baru-baru ini, salah seorang pengguna TikTok bernama Reny membagikan cara vakum makanan yang simpel banget buat dilakukan di rumah, nih. Bahan yang dibutuhkan hanya plastik zip lock dan air. Reny pun menambahkan, cara ini bisa digunakan pada daging, sayuran, dan bahan makanan lain.

"bisa untuk daging dan sayuran juga ya! biar lebih tahan lama," ujarnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@renny.antonious pada Rabu (7/9).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya