Trik goreng keripik pisang agar tidak menempel dan lengket, antigagal

Trik goreng keripik pisang agar tidak menempel dan lengket, antigagal
foto: TikTok/@andredege

Brilio.net - Memiliki cita rasa yang gurih, lezat, dan bertekstur renyah, keripik pisang menjadi salah satu camilan yang diminati oleh orang banyak. Saat ini, keripik pisang muncul dengan berbagai varian rasa. Tak hanya gurih dan manis saja, tapi juga ada varian rasa cokelat, keju, hingga balado.

Pada dasarnya, keripik pisang memang mudah ditemukan di luaran sana. Hampir setiap pusat perbelanjaan hingga warung pinggir jalan menjual camilan satu ini. Meskipun begitu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Selain dapat berkreasi sesuai selera, keripik pisang buatanmu juga bisa dibuat lebih banyak dan dijadikan stok di rumah.

Cara mengolahnya pun terbilang mudah, apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan pun terjangkau. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis pisang yang kamu punya di rumah. Meskipun begitu, kamu harus menggunakan trik saat menggorengnya agar keripik pisang tidak menempel dan lengket antara satu sama lain.

Keripik pisang yang saling menempel satu sama lain jelas mempunyai tekstur lebih keras, sehingga menjadi tidak enak saat dimakan. Kamu bisa meniru cara menggoreng keripik pisang yang dicontohkan oleh salah satu akun TikTok bernama Andre. Melalui unggahannya, ia menjelaskan setiap tahapan saat membuat keripik pisang.

Trik goreng keripik pisang agar tidak menempel dan lengket, antigagal

foto: TikTok/@andredege

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@andredege, Rabu (28/9), kupas kulit pisang terlebih dahulu, lalu potong tipis-tipis pisang menggunakan alat khusus. Semakin tipis potongannya, keripik pisang akan bertekstur renyah. Kemudian sisihkan potongan pisang ke dalam satu wadah besar.

Trik goreng keripik pisang agar tidak menempel dan lengket, antigagal

foto: TikTok/@andredege

Jika sudah, sediakan tiga wadah yang berisi air. Cuci pisang dengan cara merendamnya ke dalam wadah. Aduk-aduk pisang, agar getah yang menempel di pisang bisa larut di dalam air. Lakukan hal yang sama sampai bilasan ketiga. Jika pisang sudah bersih dari getah, kamu bisa memberi bumbu dan menggorengnya di minyak panas.

Trik goreng keripik pisang agar tidak menempel dan lengket, antigagal

foto: TikTok/@andredege

Pastikan kamu menggunakan api yang stabil saat menggoreng keripik pisang. Selain membuat warnanya menjadi merata, hal ini juga bisa membuat keripik pisang menjadi renyah. Kamu juga harus selalu mengaduk-ngaduk pisang saat menggoreng, agar tidak menempel satu sama lain. Jika sudah berubah warna dan matang, kamu bisa mengangkatnya.

Video berdurasi satu menit tersebut berhasil menarik perhatian pengguna TikTok, Buktinya, unggahan tersebut sudah ditonton sebanyak 700 ribu kali serta mendapatkan likes sebanyak 20 ribu. Kolom komentarnya juga dibanjiri respon warganet yang terkesima dengan trik tersebut.

@andredege Balas @n.janee semoga membantu yaaa!! #keripikpisang #kangkeripiktikok Teh Bundar dan Kau (Instrument Mix) - Iyuz Misterius

"Terima kasih kna sudah berbagi ilmu nya,
oya gi mana cara mengasih garam nya biar ada rasa asin," tulis akun TikTok/@tantijunaeni1.

"Baru tau.selama ini teknik itu cma d pake untuk goreng kentang," ujar akun TikTok/@pejuang rupiah.

"Terima kasih tipsnya," tulis akun TikTok/@@mamiJun.

"Mks infonya," ujar akun TikTok/@Yohana Roya.

"Trima ksih tipsnya..smg bermanfaat...," tulis akun TikTok/@ainun.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan This or That, enakan kebab pertama di Indonesia atau kebab kekinian?

  • Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

    Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

Review

Selengkapnya