Trik membuat adonan roti bisa mengembang maksimal, bekal penting agar teksturnya nggak bantat

Trik membuat adonan roti bisa mengembang maksimal, bekal penting agar teksturnya nggak bantat
foto: TikTok/@novita._.sari

Brilio.net - Salah satu kunci keberhasilan dalam membuat roti adalah pada saat proofing. Proofing merupakan tahap mengistirahatkan atau mendiamkan adonan roti yang basah dan sudah dicampur dengan ragi. Tujuannya supaya ragi bisa bekerja untuk mengembangkan adonan hingga dua atau tiga kali lipat.

Adonan roti yang mengembang ini bisa bikinroti matang sempurna. Tampilan rotinya pun lebih cantik, alias nggak bantat. Setiap orang yang membuat roti tentu ingin hasilnya sempurna dan antigagal, bukan?

Walau tampak simpel, ternyata nggak semua orang bisa berhasil membuat adonanroti mengembang saat diproofing. Tak jarang, walau sudah didiamkan, adonan tetap kempes dan tidak berubah sedikitpun. Memang, ada banyak hal yang memang bisa memengaruhi adonan roti mengembang.

Masalah paling umum yang kerap ditemui biasanya karena penggunaan ragi yang ternyata sudah tidak aktif. Sehingga saat digunakan, ragi tidak bisa mengembangkan adonan. Namun rupanya tidak hanya itu, kondisi dan suhu ruang juga memengaruhi adonan mengembang sempurna.

Salah seorang pengguna TikTok dengan akun @novita._.sari pernah membagikan sebuah trik supaya adonan roti bisa mengembang maksimal saat diproofing. Usut punya usut, dia tidak hanya menutup dan meletakkan adonan begitu di suhu ruang. Ada cara lain yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan ragi bekerja dan bikin adonan roti mengembang.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya