Trik membuat tape singkong tanpa dikemas daun pisang, hasilnya tetap manis dan lembut

Trik membuat tape singkong tanpa dikemas daun pisang, hasilnya tetap manis dan lembut
YouTube/SAHABAT KECE

Brilio.net - Tape singkong umumnya dibuat dengan cara dikemas daun pisang. Pengemasan ini merupakan cara tradisional yang sudah dilakukan sejak dulu. Salah satu alasannya karena daun pisang bisa menambah aroma dan kelezatan tape.

Tak hanya itu, daun pisang juga punya manfaat lain pada pembuatan tape. Dilansir dari repository.unpas.ac.id, daun pisang membuat mikroba pada ragi bekerja maksimal dalam mengubah etanol menjadi asam asetat. Oleh sebab itu, proses fermentasi bisa lebih cepat dan hasil tape bisa manis kesat.

Sayangnya kini, mencari daun pisang sudah tidak semudah dulu. Apalagi jika tinggal di area perkotaan yang padat, kamu harus pergi ke pasar tradisional untuk mendapat daun pisang. Tak hanya itu, daun pisang yang didapat juga terkadang sudah tidak segar lagi. Hal inilah yang kemudian membuat sejumlah orang berpikir dua kali saat hendak membuat tape singkong.

Padahal tahu nggak sih, tape singkong tetap bisa dibuat tanpa perlu dikemas daun pisang, lho. Kamu bisa menggunakan alternatif pembungkus lain yang lebih mudah didapat, misalnya plastik.

Salah satu pengguna YouTube dengan channel bernama SAHABAT KECE pernah membagikan trik tersebut. Hanya dengan plastik, dia bisa membuat tape singkong yang manis. Tekstur tape singkong juga lembut dan lumer. Dijamin antigagal, deh.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya