Trik mengatasi nasi yang bau gosong usai ditanak, ampuh pakai 1 bahan dapur

Trik mengatasi nasi yang bau gosong usai ditanak, ampuh pakai 1 bahan dapur
YouTube/Dapoer Abdul KS

Brilio.net - Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian, banyak orang memilih mengonsumsi nasi putih. Selain bikin kenyang, nasi putih juga sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam menu sayur dan lauk. Hal inilah yang membuat nasi putih kerap dipilih untuk menu makan sehari-hari.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanak nasi. Mulai dari pakai rice cooker, panci kukusan, panci biasa, atau bahkan panci elektrik. Apapun alat yang dipakai, hasil nasi yang diinginkan tentu bertekstur pulen dan baunya sedap.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menanak nasi, terkadang ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya adalah bau nasi yang gosong usai ditanak. Hal ini memang kerap terjadi, terlebih jika nasi ditanak secara manual dengan panci.

Penyebab bau nasi gosong juga bisa sangat beragam. Bisa karena airnya kurang, beras yang dipakai tidak bersih, terlalu lama dimasak, atau bahkan bagian bawahnya tidak diaduk dengan baik. Namun apapun penyebabnya, tentu bau nasi gosong ini jadi kurang enak saat disantap.

Kondisi nasi seperti ini dianggap kurang layak dikonsumsi. Karena baunya kurang sedap, banyak orang kemudian memilih membuang nasi yang terlanjur dimasak tersebut. Padahal hal ini tentu sangat disayangkan, terlebih jika porsi nasi cukup banyak.

Alih-alih dibuang, nasi yang sudah bau gosong sebenarnya masih bisa dikonsumsi, lho. Ada sebuah trik khusus untuk mengatasi masalah tersebut agar nasi bisa lebih enak disantap. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Dapoer Abdul KS dalam video yang berjudul "mengatasi nasi bau hangus sangit apek dengan benda ajaib ini".

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya