Trik mengatasi rice cooker yang airnya luber saat dipakai menanak nasi, praktis pakai 1 alat

Trik mengatasi rice cooker yang airnya luber saat dipakai menanak nasi, praktis pakai 1 alat
YouTube/Wynana_23

Brilio.net - Rice cooker banyak digunakan karena memudahkan penggunanya dalam menanak nasi. Setelah beras dan air dimasukkan ke dalamnya, kamu bisa langsung menyalakan tombol 'cook' (memasak) dan menunggu nasi matang. Sembari menunggu, kamu bisa mengerjakan hal lain.

Namun terkadang, menggunakan rice cooker saat menanak nasi juga menimbulkan masalah tersendiri. Salah satunya seperti air mendidih yang luber dan keluar melalui lubang uap di rice cooker. Hal ini tentu sangat mengganggu, terlebih jika air yang luber sangat banyak.

Parahnya lagi, air yang luber itu bisa berpotensi masuk ke dalam rice cooker lewat celah di bagian tutupnya. Jika terlanjur masuk, nasi yang dimasak justru bisa sangat basah. Alhasil, nasi akan cepat basi dalam hitungan jam.

Masalah air rice cooker yang luber saat menanak nasi memang kerap dialami banyak orang. Penyebab masalah ini pun beragam. Mulai dari merek rice cooker yang kurang berkualitas, penggunaan beras, atau bahkan takaran air yang kurang pas.

Tapi jika terlanjur mengalami masalah tersebut, tentu kamu harus bisa segera mengatasinya. Ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk mencegah air masuk lagi ke dalam rice cooker dan menyebabkan nasi bau. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Wynana_23.

"keluhan yang mungkin emak-emak alami sama seperti saya, magicom baru tapi uapnya kemana-mana, bikin 2 kali kerja,,nah ini aq ada tips mak biar meringankan pekerjaan kita, gak perlu pusing lagi," kata YouTube Wynana_23, dikutip BrilioFood pada Jumat (12/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya