Trik menyimpan belimbing wuluh agar awet sampai 5 bulan

Trik menyimpan belimbing wuluh agar awet sampai 5 bulan
foto: YouTube/IKE SURYANI Channel

Brilio.net - Belimbing wuluh termasuk salah satu tanaman buah yang tumbuh di negara beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Buah satu ini punya rasa asam yang kuat, sehingga sering dijadikan campuran pada aneka masakan. Contohnya pada hidangan asem-asem daging, sambal, aneka tumisan, dan lain-lain.

Meski punya rasa begitu asam, tapi belimbing wuluh punya banyak khasiat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari netmeds.com, belimbing wuluh bisa membantu stabilkan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, menyembuhkan batuk dan demam, menyehatkan tulang, mengatasi jerawat, mengurangi kram otot, dan lain sebagainya.

Tanaman belimbing wuluh memang bisa berbuah sepanjang tahun, tapi tampaknya zaman sekarang buah satu ini semakin sulit ditemui karena jumlahnya mulai berkurang. Selain itu, lantaran kadar airnya tinggi, belimbing wuluh pun bisa cepat membusuk jika tidak disimpan dengan tepat.

Jika disimpan di dalam kulkas, belimbing wuluh bisa tahan sekitar satu minggu. Jika ingin lebih lama lagi, bisa mengikuti cara yang dilakukan oleh pengguna YouTube dengan nama akun IKE SURYANI Channel, nih. Agar stok belimbing wuluhnya awet hingga berbulan-bulan, ia menyimpan dengan cara mengawetkan. Tak tanggung-tanggung, cara ini bikin belimbing wuluh awet sampai lima bulan.

"Ini dia hasil awetan buah belimbing selama lima bulan penyimpanan. Masih segar, tidak lembek, dan aromanya masih sangat segar," ujarnya dilansir BrilioFood dari YouTube/IKE SURYANI Channel, Senin (26/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya