Trik merebus biji nangka agar bebas getah dan hemat gas, simpel cuma 12 menit

Trik merebus biji nangka agar bebas getah dan hemat gas, simpel cuma 12 menit
YouTube/AZA KITCHEN

Brilio.net - Buah nangka identik dengan rasa manis dan segar. Sama seperti kebanyakan buah lain, nangka juga memiliki biji. Bentuk biji nangkaini bulat berukuran sedang. Uniknya, biji nangka ini nggak melulu harus dibuang, lantaran bisa dikonsumsi, lho.

Dilansir dari scielo.br, biji buah nangka kaya akan serat dan vitamin B kompleks. Keduanya bisa membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, mengontrol gula darah agar tetap stabil, sampai menyehatkan alat pencernaan. Olahan biji nangka pun banyak sekali variasinya.

Tetapi, biasanya sebelum biji nangka diolah lagi jadi aneka hidangan, bahan makanan satu ini harus direbus terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tekstur biji nangka cenderung keras, sehingga sulit dikunyah.

Namun, masih banyak yang belum tahu trik merebus biji nangka. Alhasil seringkali hasil rebusan biji nangka masih cukup alot dan bergetah. Di samping itu, tekstur biji buah nangka yang alot juga bikin orang-orang harus merebusnya dalam waktu cukup lama. Kalau sudah begitu, otomatis bisa-bisa bikin boros gas, ya?

Tapi, ada lho trik untuk merebus biji nangka agar hasilnya tidak berlendir dan tetap bisa menghemat gas lantaran proses perebusan hanya membutuhkan waktu 12 menit.

Trik merebus biji buah nangka ini sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube AZA KITCHEN. Di unggahan yang dibagikannya, ia mengaku usai biji nangka direbus, seringkali dikonsumsi langsung maupun dijadikan seperti sereal. Kamu juga bisa bikin olahan biji nangka lain sesuai keinginan, nih.

"Biji nangka yang dikonsumsi secara rutin bisa menjaga kesehatan tulang. Ini biji nangka diberi susu full cream dan madu," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube AZA KITCHEN pada Jumat (17/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya