Trik mudah menyangrai terasi agar tidak menggumpal dan matang merata

Trik mudah menyangrai terasi agar tidak menggumpal dan matang merata
YouTube/Paon Cah Ndeso

Brilio.net - Siapa sih yang bisa menolak kelezatan dari terasi? Terlebih jika terasi disantap dengan nasi hangat, dijamin bakal nambah berkali-kali. Tak cuma itu saja, kamu juga bisa mencampurkan terasi dengan masakan lain seperti tumisan agar rasa serta aromanya semakin nendang.

Terasi sendiri terbuat dari ikan maupun udang yang fermentasi. Di luaran sana, terasi dikemas dalam dua pilihan, yaitu mentah maupun sudah matang. Nah, tak sedikit orang memilih untuk membeli terasi mentah karena cita rasa dan aromanya lebih kuat.

Sayangnya untuk menyimpan terasi mentah membutuhkan trik khusus. Yaitu harus disangrai terlebih dahulu sebelum disimpan di wadah. Hal ini bertujuan agar terasi tetap bagus meski disimpan dalam waktu lama. Nah, kebanyakan orang belum mengetahui cara menyangrai terasi dengan benar, lho.

Terasi mentah yang biasanya berbentuk padat jika langsung disangrai, umumnya membutuhkan waktu lama untuk hancur. Bahkan kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menghancurkannya. Belum lagi karena menggumpal, jadikan terasi tidak bisa matang secara merata.

Oleh karena itu, kamu bisa meniru cara menyangrai terasi yang ditunjukkan oleh YouTube/Paon Cah Ndeso. Dengan trik yang diperlihatkan melalui kontennya, proses menyangrai terasi jauh lebih cepat dan mudah. Belum lagi, terasi yang dihasilkan pun tidak menggumpal dan matang secara merata.

Trik mudah menyangrai terasi agar tidak menggumpal dan matang merata

foto: YouTube/Paon Cah Ndeso

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya