Trik sederhana agar adonan kembang goyang tidak lengket di cetakan

Trik sederhana agar adonan kembang goyang tidak lengket di cetakan

Brilio.net - Kembang goyang merupakan kue khas Betawi yang berbentuk mirip kelopak bunga atau kembang. Rasanya renyah dan bentuknya unik, mirip seperi bunga atau kembang. Kudapan satu ini kerap disajikan dalam berbagai macam acara. Mulai dari sajian Lebaran hingga beragam acara hajatan.

Selain bentuknya yang unik, kembang goyang juga memiliki proses pembuatan yang tak kalah menarik, lho. Cara membuatnya yang digoyang-goyang hingga adonanterlepas dari cetakan membuat kue ini kemudian diberi nama kembang goyang. Cetakan yang digunakan pun khusus berbentuk kelopak bunga.

Meski sepintas terlihat mudah, namun tak jarang proses menggoreng kembang goyang ini justru lengket di cetakan. Jika adonan lengket, maka kembang goyang tidak dapat tercetak dengan sempurna. Masalah yang terjadi saat membuat kembang goyang adalah adonan yang tidak mau lepas. Sehingga adonan justru tergoreng di cetakan dan jadi lengket.

Memang ada teknik khusus yang harus diterapkan saat menggoreng kembang goyang. Seperti penggunaan minyak yang harus panas, cara mencetak adonan, hingga bagaimana menggorengnya. Saat mencetak adonan, cukup celupkan adonan sampai batas atas cetakan dan tak perlu sampai tenggelam. Diamkan beberapa saat sebelum digoreng. Nah, saat digoreng pun cukup goyangkan cetakan secara perlahan agar adonannya terlepas.

Namun hal lain yang tak kalah penting saat hendak menggoreng kembang goyang adalah menyiapkan cetakan. Biasanya, cetakan kembang goyang terbuat dari logam kuningan yang kokoh. Namun, tetap berpotensi membuat adonan kembang goyang jadi lengket nih.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa menerapkan trik yang telah dibagikan oleh akun TikTok/@kerajinankuninganimanda. Dikutip BrilioFood dari TikTok/@kerajinankuninganimanda pada Minggu (11/9), cetakan kembang goyang yang akan digunakan sebaiknya dibakar terlebih dahulu.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya