Trik simpel masak telur bebek dadar agar tidak bau amis, enaknya bikin nagih

Trik simpel masak telur bebek dadar agar tidak bau amis, enaknya bikin nagih
YouTube/CHECHE KITCHEN

Brilio.net - Telur bebek dikenal sebagai makanan tinggi nutrisi. Dilansir dari webmd.com, telur bebek kaya akan vitamin D, selenium, vitamin B, asam folat, kolin, dan lain sebagainya. Selain menyehatkan, telur bebek juga punya aroma dan rasa yang lebih kuat. Dilansir dari thespruceeats.com, telur bebek jauh lebih creamy dibanding telur ayam.

Salah satu olahan telur bebek paling populer yakni dimasak dadar. Biasanya, telur bebek dadar ini bisa ditemui di rumah makan khas Padang. Namun, jika belum tahu cara bikin telur bebek dadar ini dengan tepat, hasilnya bisa jadi kurang nikmat lho, lebih tepatnya rasanya akan sedikit amis.

Dilansir dari pubmed,ncbi.nlm.nih.gov, telur bebek memang cenderung berbau amis karena terjadi proses bernama akumulasi trimethylamine (TMA) pada kuning telurnya. Proses ini terjadi karena kandungan kolin di dalam telur melakuan fermentasi bakteri saat telur terbentuk, otomatis aroma telur pun bisa menjadi amis.

Nah, salah satu cara menghilangkan bau amis telur bebek ini yakni dengan memasaknya sampai matang sempurna dengan dikonsumsi. Di samping itu, ada pula trik lainnya untuk mengurangi bau amis pada telur bebek saat didadar. Trik ini dibagikan oleh warganet yang akrab disapa Cheche.

Pengguna YouTube tersebut mengaku sering bikin telur bebek dadar sejak ia kecil dan besar ketika tinggal di Kota Padang. Menurutnya, trik bikin telur bebek dadar yang tidak amis yakni dengan menambahkan aneka bumbu rempah.

"Kalau memang takut amis, sebenarnya kalau udah ditambahkan bahan-bahan lain uni jamin nggak amis sama sekali," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube/CHECHE KITCHEN pada Selasa (6/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya