Auto kinclong dalam 10 menit, ini trik bersihkan kerak di dasar rice cooker tanpa cuka dan baking soda

Auto kinclong dalam 10 menit, ini trik bersihkan kerak di dasar rice cooker tanpa cuka dan baking soda
foto: Instagram/@enny_trisna07

Brilio.net - Rice cooker menjadi salah satu perabot yang hampir digunakan setiap hari. Bagaimana tidak, banyak orang kini mengandalkan rice cooker untuk menanak nasi. Dibandingkan dengan memasak manual menggunakan kompor, rice cooker dapat menghasilkan nasi yang pulen sempurna dan cepat matang.

Namun seiring penggunaan, rice cooker biasanya akan mengalami aus di beberapa bagian, termasuk di bagian dasarnya. Di dasar rice cooker ini terdapat bulatan logam yang berfungsi sebagai elemen pemanas. Nah, elemen panas akan menghantarkan panas yang diperlukan untuk menanak nasi.

Lantas elemen pemanas atau dasar rice cooker idealnya selalu bersih dari kotoran, bahkan air. Karena jika ada satu noda saja yang jatuh, kotoran tersebut akan terbakar dan menjadi kerak. Alhasil, kerak tersebut akan semakin menempel ketika rice cooker digunakan terus menerus.

Nah, untuk membersihkan kerak di dasar rice cooker, sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan khusus, seperti campuran cuka dan baking soda. Campuran kedua bahan tadi akan dioleskan ke bagian dasar rice cooker untuk kemudian digosok-gosok. Usut punya usut, campuran cuka dan baking soda bisa membuat kerak jadi lunak dan mudah luntur ketika digosok.

Tapi jika kamu sedang kehabisan stok cuka dan baking soda di rumah, tak perlu khawatir, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam mengangkat kerak di dasar rice cooker. Bahan ini pernah digunakan oleh pemilik akun Instagram @enny_trisna07. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu bahan sederhana.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya