Tak perlu dijemur berjam-jam, ini trik cepat bersihkan noda kunyit di blender cuma pakai 1 bahan

Tak perlu dijemur berjam-jam, ini trik cepat bersihkan noda kunyit di blender cuma pakai 1 bahan
foto: TikTok/@yuyun.s22

Brilio.net - Kunyit merupakan jenis rempah yang mengandung senyawa kurkumin. Saat dipotong atau dihancurkan, senyawa kurkumin pada kunyit akan keluar dan menghasilkan pigmen warna kuning. Hal tersebut membuat kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami pada berbagai macam masakan.

Namun di sisi lain, senyawa kurkumin pada kunyit ini juga mudah menempel di permukaan benda, termasuk blender. Saat digunakan untuk menghaluskan bumbu kunyit, blender yang semula bening bisa penuh noda kuning. Nah, noda kuning dari kunyit ini cenderung sulit dibersihkan. Bahkan sabun cuci piring saja tidak bisa ampuh mengembalikan tampilan blender seperti semula.

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan trik khusus. Salah satunya adalah dengan menjemur blender di bawah sinar matahari. Usut punya usut, sinar matahari akan menghilangkan senyawa kurkumin yang masih menempel di blender. Dengan begitu, blender bisa kembali bening.

Namun perlu diketahui bahwa metode tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama, hingga berjam-jam. Dan jika kamu ingin membersihkan noda kunyit di blender dengan lebih cepat, trik dari pengguna TikTok @yuyun.s22 bisa kamu lakukan. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan untuk membersihkan blender yang kuning karena terkena noda kunyit.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya