Tambah 1 bahan dapur, ini trik simpan sisa potongan tomat agar tak busuk dan berjamur

Tambah 1 bahan dapur, ini trik simpan sisa potongan tomat agar tak busuk dan berjamur
foto: TikTok/@rifa_ardiyanti

Brilio.net - Tomat adalah salah satu bahan makanan yang kerap digunakan dalam berbagai macam masakan. Ketika matang, tomat memiliki rasa manis yang menyegarkan dengan sedikit keasaman, sehingga dapat memberikan dimensi rasa kompleks pada masakan. Karena rasa asam dan manis inilah, tomat biasa digunakan dalam campuran masakan seperti tumis, sup, atau bahan dasar saus.

Di Indonesia, tomat juga kerap digunakan untuk bahan dasar sambal. Namun dalam beberapa resep, tomat yang digunakan terkadang hanya sedikit. Oleh sebab itu, banyak orang biasanya akan menggunakan separuh buah tomat untuk memasak. Sedangkan sisa potongannya akan disimpan untuk digunakan memasak menu lain.

Sayangnya, ada satu kendala yang kerap dialami banyak orang saat menggunakan separuh tomat untuk memasak. Sisa potongan yang disimpan seringkali mudah busuk dan lembek. Tak hanya itu, sisa potongan tomat ini juga bisa berjamur sekalipun disimpan dalam kulkas.

Banyak orang kemudian memutar otak untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah pengguna TikTok @rifa_ardiyanti. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik tersendiri saat menyimpan sisa potongan tomat agar tak mudah busuk dan berjamur.

Nah, trik yang dilakukan adalah dengan mengandalkan satu bahan dapur. Dilansir BrilioFood pada Jumat (5/4), bahan dapur yang digunakan adalah garam dapur. Nah, garam dapur ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan pembusukan pada tomat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Ambil sisa potongan tomat yang hendak disimpan. Lalu beri sedikit garam ke bekas potongan tomat. Setelah itu, oleskan secara merata garamnya.

Tambah 1 bahan dapur, ini trik simpan sisa potongan tomat agar tak busuk dan berjamur

foto: TikTok/@rifa_ardiyanti

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya