Tanpa bahan tambahan, ini trik menanak nasi agar tak mengering dan cepat basi di dalam rice cooker

Tanpa bahan tambahan, ini trik menanak nasi agar tak mengering dan cepat basi di dalam rice cooker
TikTok/@rigalruiroom

Brilio.net - Menanak nasi jadi kegiatan sehari-hari masyarakat. Selain mengenyangkan, nasi juga cocok disantap dengan berbagai jenis lauk dan sayur.

Kalau nggak mau ribet, kamu bisa menanak nasi pakai rice cooker. Alat elektronik satu ini memang mempermudah dan mempercepat proses menanak nasi. Hasilnya pun nasi pulen dan matang sempurna.

Namun di balik itu, terkadang nasi yang terlalu lama disimpan dalam rice cooker justru jadi kering. Bahkan sampai mengerak di dasar panci rice cooker. Selain itu, ada juga yang mendapati nasinya berair dan bau karena basi saat disimpan dalam rice cooker.

Masalah seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan menambahkan berbagai bahan tambahan saat menanak nasi, seperti minyak goreng, air perasan jeruk nipis, ataupun cuka. Bahan-bahan tambahan tersebut dianggap bisa membuat nasi jadi lebih pulen dan tahan lama di rice cooker.

Tapi nggak melulu harus pakai bahan tambahan, ternyata ada trik lain yang bisa digunakan saat menanak nasi. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @rigalruiroom. Di unggahan videonya, warganet ini mengaku punya cara tersendiri agar nasi di dalam rice cooker tetap pulen dan tahan lama meski disimpan di rice cooker dalam waktu yang lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya