Trik bikin adonan perkedel kentang agar teksturnya lebih lembut dan tidak mudah ambyar

Trik bikin adonan perkedel kentang agar teksturnya lebih lembut dan tidak mudah ambyar
foto: YouTube/Puguh Kristanto Kitchen

Brilio.net - Masakan yang terbuat dari kentang memang banyak sekali variasinya. Bahan makanan satu ini juga sering dijadikan hidangan pokok bagi sejumlah orang untuk dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, kentang disebut-sebut sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari health.ucdavis.edu, kentang tak hanya bisa menutrisi tubuh dengan karbohidrat, tapi juga vitamin C, antioksidan, sampai potasium yang bagus buat jantung, otot, dan sistem saraf pada tubuh. Nah, di Indonesia ada salah satu hidangan dari kentang yang populer nih, yaitu perkedel.

Perkedel sering dijadikan pilihan lauk ala rumahan atau sekadar jadi camilan. Namun, tampaknya masih banyak yang keliru untuk membuatnya, sehingga tekstur perkedel kentang kurang lembut dan mudah ambyar. Rupanya, ada trik tersendiri untuk mengolah adonannya agar hasilnya sesuai ekspektasi, lho.

Trik membuat adonan perkedel kentang yang lembut dan tidak mudah ambyar sempat dibagikan oleh salah satu warganet bernama Puguh. Pria ini dikenal sebagai kreator konten yang aktif membagikan aneka resep masakan rumahan yang praktis banget untuk ditiru pemula. Ternyata, biar adonan perkedel kentang bagus, menurutnya bukan hanya cara mengolahnya yang harus diperhatikan, tapi juga bahan-bahan yang digunakan.

"Perkedel kentang ini ala aku, aku punya bahan-bahan spesial biar makan wenak, rek," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Puguh Kristanto Kitchen, Minggu (5/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya