15 Resep orek tempe basah sederhana ala rumahan, praktis dibuat dan bikin nagih

15 Resep orek tempe basah sederhana ala rumahan, praktis dibuat dan bikin nagih
foto: Instagram/@resiantifeni; Instagram/@ddewinda

Brilio.net - Di antara banyaknya olahan tempe, orek tempe jadi salah satu menu yang paling sering dipilih banyak orang. Menu ala rumahan ini cenderung mudah dibuat. Selain itu, perpaduan rasa manis, gurih, pedas pada orek tempe membuat masakan satu ini kerap dijadikan sebagai lauk pendamping makan berat.

Untuk membuat orek tempe ini, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana. Selain tempe, kamu hanya butuh bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Sedangkan ciri khasnya adalah tambahan kecap dan gula merah yang membuat cita rasa orek tempe ini semakin manis gurih.

Dengan bahan dasar tersebut, orek tempe sebenarnya bisa dibuat dengan dua versi, yakni versi basah dan kering. Orek tempe kering biasanya dibuat dengan waktu yang lama untuk membuat kandungan airnya benar-benar habis. Sedangkan orek tempe basah cukup ditumis seperti biasa hingga bumbu meresap sempurna.

Dari kedua versi tersebut, orek tempe basah lebih sering dipilih untuk menu makan harian. Bukan tanpa alasan, pembuatan orek tempe basah cenderung praktis dan cepat. Kamu bahkan bisa membuatnya dalam waktu singkat jika hendak menyajikan menu makan di rumah.

Orek tempe basah ini pada dasarnya juga bisa dibuat dengan berbagai macam varian, lho. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain supaya orek tempe ini semakin lezat. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak kompilasi resep orek tempe basah berikut yang telah dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (31/7).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya