Brilio.net - Pengakuan Acha Septriasa yang ternyata selama ini hidup dengan satu ginjal ternyata cukup mengejutkan publik. Memang tidak banyak yang tahu tentang kondisinya tersebut. Lewat channel YouTube/NGOBROL ASIX milik keluarga Anang Hermansyah, Acha mengaku baru menyadarinya saat berusia 18 tahun melalui pemeriksaan dokter.

Hal ini berawal dari kondisi dirinya yang sering pingsan jika terlalu kelelahan dan mengalami keluhan sakit di perut bagian kiri. Lantas, hasil pemeriksaan dokter pun cukup mengagetkan dirinya.

"Di cari di sebelah kiri ada apa. Terus kok ginjalnya gede banget. Terus dicek sebelah kanan, kok kosong, nggak ada ternyata. Nah, dari situ baru ketahuan bahwa aku memiliki satu ginjal dan itu dari dulu," ungkap Acha saat ngobrol bareng Ashanty di YouTube/NGOBROL ASIX.

Untuk tetap hidup normal dengan satu ginjal, Acha tentu harus menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan tidak melakukan olahraga berat dan mengatur pola makan. Nah, berikut tujuh pola makan Acha Septriasa untuk jaga ginjal sehat, dilansir BrilioFood dari YouTube/NGOBROL ASIX pada Senin (11/4).

1. Minum banyak air mineral.

foto: freepik.com

Supaya ginjal tetap sehat, Acha Septriasa menekankan untuk banyak minum air mineral. Dia biasa mengonsumsi air mineral minimal 3,5 liter dalam sehari.

"Karena ginjal itu bagaikan kamar mandi, harus selalu disiram, kalau kata dokter. Jadi kalau misal mau ginjal sehat, minum yang banyak," ungkap ibu satu anak ini.

2. Hindari minuman kemasan.

foto: pexels.com

Acha Septriasa juga sudah berhenti mengonsumsi minuman kemasan. Minuman kemasan memang biasanya tinggi gula dan pengawet yang dapat berbahaya bagi ginjal. Apalagi jika dikonsumsi terlalu sering.

"Dan aku nggak minum-minuman kemasan gtu, enggak," tutur Acha Septriasa dikutip dari YouTube/NGOBROL ASIX.

3. Tidak mengonsumsi makanan berpengawet.

foto: pixabay.com

Selain menghindari minuman kemasan, Acha juga tidak mengonsumsi makanan berpengawet supaya ginjalnya tetap sehat. Dilansir dari pubmed.ncbi.nih.gov, menghindari makanan berpengawet dapat meningkatkan kesehatan ginjal.

"Makanan pengawet juga engga, jadi aku jaga banget," tukas Acha.