Brilio.net - Kikil atau kaki sapi sering dijadikan menu lauk khas rumahan. Buat kamu yang bosan makan daging hewani melulu, kikil bisa jadi alternatif lezat. Bertekstur kenyal dan terasa gurih, kikil pastinya bisa bikin nafsu makan meningkat. Di sisi lain, kikil sapi juga mengandung sejumlah manfaat, lho.

Dilansir dari webmd.com, kikil sapi punya protein, lemak, aneka vitamin dan mineral, sampai kolagen. Berbagai nutrisi di dalam kikil ini bisa bantu meningkatkan imun tubuh, menguatkan tulang dan otot, menyehatkan kulit, dan lain sebagainya. Wah, nggak heran banyak orang doyan dengan menu ini, ya?

Kikil bisa dimasak jadi aneka sup ataupun tumisan, misalnya gulai kikil, kikil oseng balado, kikil cabai hijau, kikil mercon, dan lainnya. Namun, sebelum dimasak jadi berbagai lauk lezat tersebut, kikil seringkali harus direbus dulu biar tak alot lagi. Tetapi, umumnya waktu yang dibutuhkan untuk merebus kikil cukup lama.

Jika direbus pakai panci biasa, tak jarang orang-orang menghabiskan waktu hingga 1 sampai 3 jam, lho. Nah, biar lebih cepat, kikil bisa direbus menggunakan panci presto. Namun, kalau kamu nggak ada panci presto di rumah, jangan khawatir dulu karena ada satu trik dari warganet di akun YouTube mom ani bisa ditiru di rumah.

"30 menit empuk, guys. Nggak perlu berjam-jam atau presto," tuturnya, dikutip BrilioFood dari YouTube mom ani pada Sabtu (3/2).