Cara merebus kikil tanpa presto ini bikin cepat empuk dalam 12 menit, praktis pakai 1 jenis buah

Cara merebus kikil tanpa presto ini bikin cepat empuk dalam 12 menit, praktis pakai 1 jenis buah
YouTube/dapur yudi

Brilio.net - Kikil atau kaki sapi seringkali dijadikan sebagai bahan dasar berbagai masakan. Bisa untuk gulai, soto, sop, atau tumisan dengan aneka bumbu. Tekstur kikil yang kenyal dan lembut akan semakin lezat jika dipadukan dengan bumbu rempah khas Nusantara.

Setelah diolah, tekstur kikil akan empuk dan kenyal. Namun untuk mendapat tekstur seperti itu, kikil perlu direbus dulu dalam waktu yang lama. Tak tanggung-tanggung, butuh waktu 2-3 jam proses perebusan supaya kikil yang semula alot bisa empuk dan lembut.

Untuk mempersingkat waktu perebusan tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan panci presto. Dengan panci khusus ini, proses perebusan kikil bisa mencapai 1 jam saja. Meski terpangkas cukup banyak, namun durasi perebusan tersebut tetap bikin proses memasak jadi lama dan boros gas.

Padahal sebenarnya ada teknik khusus yang bisa diterapkan untuk mempersingkat durasi perebusan kikil, lho. Seorang pengguna YouTube dapur yudi pernah membagikan cara khusus merebus kikil agar hemat gas dan cepat empuk. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan panci biasa (bukan presto), namun total perebusan cuma butuh 12 menit saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya