Dalam salah satu videonya, warganet ini hanya mengandalkan satu bahan dapur saja untuk mengusir tikus. Bahan dapur yang dimaksud adalah cuka.

"Cuma modal Rp2.000, kamu bisa mengusir tikus di rumah pakai cuka ini," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Erdi Story pada Senin (25/12). Sebagaimana diketahui, harga satu botol kecil cuka makan seharga Rp2.000-an.

Di dalam videonya, ia menunjukkan dua cara bagaimana cara mengusir tikus. Cara pertama, siapkan beberapa helai kapas. Lalu bulat-bulatkan dan tuangkan cuka secukupnya ke kapas.

foto: YouTube/Erdi Story

Tata bulatan kapas yang sudah dibasahi cuka di atas wadah. Tampak warganet satu ini cuma memakai tutup toples sebagai wadahnya.

"Ini caranya tinggal diletakkan di area yang biasa dilalui atau didatangi tikus," ungkapnya lebih lanjut.

Nah, nantinya, aroma cuka yang sudah diteteskan pada kapas akan menguap dan menyebar secara perlahan. Dilansir dari proofpest.com, alat pernapasan tikus akan terganggu dengan aroma cuka yang kuat, sehingga tikus ogah berkeliaran lagi di sekitar rumah.

foto: YouTube/Erdi Story

Namun nggak perlu khawatir kalau nggak punya kapas di rumah, karena kamu bisa meniru cara kedua. Caranya, cukup masukkan beberapa tetes cuka ke dalam botol spray. Kalau mau menghemat, kamu bisa tambahkan air biasa ke dalamnya.

foto: YouTube/Erdi Story

Tutup botol lalu kocok sampai merata. Cara penggunaannya, tinggal disemprotkan ke area yang sering dilalui tikus.

Menurut pemilik video, aroma cuka yang menyengat bisa membuat tikus menjauh. Nggak cuma baunya saja, namun cuka juga bisa menyengat jika tidak sengaja dijilat tikus. Oleh karena itu, nggak heran jika cuka dijadikan pengusir tikus di rumah.

foto: YouTube/Erdi Story

Telah ditonton lebih dari 300 ribu kali, video ini sontak menuai perhatian warganet. Nggak cuma itu, beberapa warganet juga meninggalkan berbagai respons, ada yang antusias dengan trik ini maupun menambahkan trik lain yang nggak kalah ampuh.

"Ini bagus banget lho, cuma harus rajin aja sehari 2x semprot cuka. Tikus emg ga mati cuma klo rutin tikus ga bakalan balik lg kerumah," ujar akun YouTube KeluargaRans9678.

"Terimah kasih banyak atas infonya moga bermanfaat," ucap akun YouTube Aldykunyut3065.

"Bubuk lada d campur sama keprekan bawang putih d kash air panas terus semprot model spray ,tempat yg biasa d lewati tikus," tutur YouTube @yusufgepeng1849.