Tanpa garam, ini trik bikin cairan pembasmi hama pohon mangga dari 1 bahan bermodalkan Rp3.000

Tanpa garam, ini trik bikin cairan pembasmi hama pohon mangga dari 1 bahan bermodalkan Rp3.000
foto: YouTube/tanaman rumah

Brilio.net - Ada banyak jenis buah tropis yang tersedia di Indonesia, salah satunya mangga. Buah ini punya rasa enak dan aneka nutrisi yang baik untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, mangga kaya akan serat, vitamin C, aneka mineral, asam folat, dan masih banyak lagi.

Sejumlah nutrisi yang dimiliki mangga diketahui bisa bantu turunkan berat badan, meningkatkan imun tubuh, menyehatkan jantung, menurunkan risiko diabetes, dan lainnya. Bahkan, saking populernya mangga, tak sedikit orang yang memilih menanam pohonnya sendiri di pekarangan rumah.

Pastinya, jika punya pohon mangga di rumah, kalau buahnya sudah berhasil tumbuh, mangga tersebut bisa dipanen untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual ke pasaran. Namun, tak sedikit orang yang gagal panen karena belum tahu bagaimana merawat pohonnya. Alhasil, pohon mangga terserang hama dan rusak.

Biasanya, hama yang hadir pada pohon mangga adalah kutu putih - lambat laun akan menyebabkan daun, batang, bunga, atau bahkan buahnya jadi kehitaman. Selain itu, kutu putih juga mengundang semut-semut merah. Nah, semut merah ini juga berisiko menyebabkan tumbuhan mangga jadi rusak.

Hal ini sempat dialami oleh salah seorang warganet di akun YouTube tanaman rumah. Tetapi, kini dia sudah tahu trik mengatasinya dengan membuat cairan pembasmi hama dari satu bahan sederhana. Bahan yang dibutuhkan cuma bermodalkan Rp.3000-an saja, lho.

"Jika (hama pohon mangga) terus dibiarkan, maka akan merusak tanaman yang kemungkinan tanaman akan gagal menghasilkan pertumbuhan bunga dan buah," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube tanaman rumah pada Senin (18/12).

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya