Rebus terlebih dahulu air di dalam panci, tunggu sampai benar-benar mendidih. Setelah air mendidih, masukkan usus ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam panci.

foto: YouTube JEFRI Channel

Selama proses perebusan, pastikan kamu menggunakan api kompor yang sedang, ya. Nggak cuma itu, pastikan kamu selalu mengaduk usus ayam agar jadi mengembang sempurna.

foto: YouTube JEFRI Channel

Cukup rebus usus ayam sebentar saja, jangan terlalu lama. Setelah dirasa cukup, langsung angkat dan masukkan usus ayam ke dalam wadah atau baskom berisi air biasa. Hal ini untuk menghentikan proses pemasakan usus ayam, sehingga tidak menjadi mengerut nantinya.

"Langsung kita masukkan sini saja, sambil diaduk-aduk. Hasilnya pun nggak mengkerut, kan?" ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube JEFRI Channel pada Rabu (8/2).

foto: YouTube JEFRI Channel

Setelah menggerak-gerakkan usus ayam ke atas dan bawah beberapa kali, buang air rendaman. Tiriskan dan usus ayam pun siap untuk diolah kembali.

Dengan cara ini, terbukti usus ayam rebus yang dihasilkan menjadi mengembang dengan sempurna dan matang secara merata. Ukurannya tak mengecil, dan tentu rasanya dijamin enak.

foto: YouTube JEFRI Channel