Cara ini bisa dipraktikkan saat tanaman tomat sudah berumur satu bulan lebih. Biasanya tanaman tomat sudah memiliki batang dan daun yang lebat. Agar tumbuh secara maksimal, ia sengaja melakukan metode pruning.

"Potong tiga atau empat helai daun tomat dari atas," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Nursan Garden pada Selasa (19/12).

foto: YouTube/Nursan Garden

Dengan metode pruning, tunas-tunas baru di tanaman tomat akan tumbuh. Nggak cuma itu, sinar matahari pun akan mengenai batang utama tanaman tomat tanpa terhalangi daun-daun yang sudah dipotong tadi. Dengan begitu, pertumbuhan tanaman tomat akan jauh lebih maksimal.

Hal tersebut terlihat setelah 10 hari dilakukan metode pruning. Sudah terlihat banyak tunas-tunas baru yang muncul. Agar hasilnya maksimal, sisihkan kembali cabang-cabangnya hingga tersisa hanya batang utamanya saja.

foto: YouTube/Nursan Garden

Setelah 20 hari dari metode pruning, tanaman tomat pun tampak tumbuh dengan subur. Bahkan bunga-bunga di tanaman pun sudah berubah jadi buah tomat. Karena proses pruning, hasil buahnya pun tampak lebat, kan?

foto: YouTube/Nursan Garden

Tunggu sekitar dua bulan sampai buah tomat benar-benar matang sempurna. Selain metode pruning, jangan lupa untuk selalu menyiram tanaman tomat dengan air, ya. Hal ini untuk menghindari tanaman tomat kering dan berisiko mati. Jadi gimana, tertatik untuk mencoba menanam tanaman tomat?

foto: YouTube/Nursan Garden

Menilik kolom komentar video, banyak warganet yang langsung melempar pertanyaan untuk berkonsultasi ke pemilik video.

"Pak mau tanya Kalau sudah potong pucuk apakah dibiarkan dibawah sinar matahari atau dipindahkan ke tempat yg teduh dulu..Terimakasih," tanya akun YouTube Riova and nicholas.

Lalu dijawab oleh pemilik video, "Tetap full terkena simat," jelasnya.

"Pemotongan sebaiknya dilakukan jam berapa pak?" tanya akun YouTube Atokrohman. Lalu dijawab oleh pemilik video, bahwa metode pruning sebaiknya dilakukan di sore hari.