Biasanya, banyak orang memanfaatkan garam untuk membersihkan lendir ikan lele. Tetapi berbeda dengan Rezky, ia memilih pakai bahan lain yang menurutnya jauh lebih ampuh, yakni kapur sirih yang dilarutkan dengan sedikit air agar menjadi pasta. Pasta kapur sirih ini bisa dibalurkan pada seluruh ikan lele sambil sedikit digosok-gosok.

foto: TikTok/@rezkymeidianita

Usai menggosokkan kapur sirih, bersihkan juga insang yang ada di dalam tubuh ikan lele. Usut punya usut, insang ikan lele ini juga jadi sumber rasa pahit, lho. Lalu, bilas ikan lele dengan air sampai bersih.

"Ulangi sekali lagi agar hasilnya lebih kesat dan lendir hilang," jelas Rezky, dikutip BrilioFood dari TikTok @rezkymeidianita pada Kamis (8/6).

foto: TikTok/@rezkymeidianita

Setelah proses pembersihan lendir ikan lele dengan kapur sirih diulang satu kali lagi, kemudian bilas kembali dengan air bersih sampai ikan lele tak terasa licin lagi. Kemudian, ikan lele bisa disayat sedikit dan diberi bumbu sesuai selera. Jika sudah dibumbui, artinya ikan lele sudah siap digoreng.

foto: TikTok/@rezkymeidianita

Gimana, praktis banget ya caranya? Kalau kamu, tertarik mencoba cara ini atau punya cara andalan lain, nih? Menilik unggahan milik TikTok @rezkymeidianita, memang belum terdapat respons warganet di kolom komentarnya. Tetapi, unggahan ini sudah ditonton lebih dari lima ribu kali, lho.