10 Makanan dan minuman ini mengandung probiotik, cegah radang usus

06 / 05 / 2022 15:32 WIB Annathiqotul Laduniyah
10 Makanan dan minuman ini mengandung probiotik, cegah radang usus
freepik.com

Brilio.net - Dalam tubuh manusia, jumlah bakteri yang ada bisa lebih banyak dibandingkan jumlah sel. Perbandingannya bahkan mencapai 10:1. Sebagian besar bakteri ini berada di usus dan cenderung tidak berbahaya. Bakteri-bakteri tersebut juga memiliki banyak manfaat.

Salah satu jenis bakteri baik di dalam usus adalah probiotik. Dilansir dari my.clevelandclinic.org, tugas utama probiotik adalah menjaga keseimbangan tubuh. Saat terdapat bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh, probiotik bekerja melawan bakteri jahat tersebut dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Di sisi lain, kekurangan probiotik dapat menyebabkan berbagai macam masalah pencernaan, termasuk dengan peradangan usus. Radang usustermasuk salah satu radang kronis pada saluran pencernaan. Bahkan bisa menimbulkan nyeri perut, feses berdarah, kelelahan, dan berat badan turun.

Radang usus bisa ditandai dengan iritasi hingga luka pada bagian usus. Saat terkena radang usus, pola makan tentu harus dijaga demi mengurangi beban kerja usus yang meradang. Misalnya dengan mengonsumsi produk susu dan makanan yang mengandung prebiotik serat probiotik.

Beberapa makanan dan minuman tertentu mengandung probiotik bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini yang telah BrilioFood rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

Review

Selengkapnya