5 Cara bikin adonan otak-otak goreng tanpa ikan, gurih dan simpel cuma modal Rp 10 ribu

5 Cara bikin adonan otak-otak goreng tanpa ikan, gurih dan simpel cuma modal Rp 10 ribu
foto: TikTok/@pia.si.pia

Brilio.net - Soal makanan, tampaknya setiap orang punya selera masing-masing. Ada yang lebih memilih hanya menyantap makanan utama saja di pagi, siang, dan malam hari. Di samping itu, ada pula yang memilih menyelipkan momen ngemil aneka hidangan di sela-sela waktu makan tersebut. Pasalnya, kebutuhan tubuh setiap orang akan makanan pastinya berbeda.

Dilansir dari hsph.harvard.edu, banyak orang membutuhkan camilan karena menyantap camilan bisa membantu meningkatkan energi dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, lho. Selain itu, gemar ngemil juga bisa membantu mencegah porsi makan berlebihan nantinya di waktu menyantap makanan utama. Namun, penting untuk memperhatikan banyaknya camilan yang masuk ke dalam tubuh untuk mencegah berat badan melonjak naik.

Banyak sekali jenis camilan yang bisa disiapkan setiap harinya. Mulai dari yang siap makan seperti buah, kacang-kacangan, atau snack kemasan, sampai camilan yang harus diolah terlebih dahulu. Nah, biasanya, orang-orang yang hobi masak memilih bikin camilan sendiri di rumah. Sebab, dengan memasak, pastinya memunculkan rasa bangga dan puas akan hidangan yang telah berhasil dibuat.

Salah satu camilan yang bisa dijadikan inspirasi untuk dibuat di rumah yakni otak-otak goreng. Tapi, memang bikin otak-otak bisa jadi tantangan tersendiri karena jika keliru soal cara atau bahan pembuatan, hasilnya bisa-bisa kurang gurih dan terlalu alot. Baru-baru ini, ada seorang kreator konten bernama Safira yang membagikan resep lengkap otak-otak goreng ini lewat sebuah unggahan di TikTok, lho.

Bahkan, menurutnya olahan otak-otak goreng ini modalnya ekonomis banget karena dibuat tanpa daging ikan sama sekali. Selain itu, bahan-bahannya juga mudah ditemui di pasaran dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, rasa otak-otak goreng ini disebut tetap enak, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya