Tanpa dibalur tepung, begini cara jitu goreng otak-otak agar mengembang sempurna dan tidak meletup

Tanpa dibalur tepung, begini cara jitu goreng otak-otak agar mengembang sempurna dan tidak meletup
foto:YouTube/Kang Batagor

Brilio.net - Otak-otak merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang digemari banyak orang. Otak-otak sendiri terbuat dari campuran ikan, tepung, serta bumbu lainnya. Biasanya otak-otak disajikan dengan saus kacang atau saus sambal sebagai pelengkapnya.

Otak-otak memiliki cita rasa lezat dan bertekstur kenyal. Tak melulu harus membuatnya sendiri, kamu bisa membeli otak-otak frozen yang sudah banyak dijual di luaran sana. Otak-otak frozen ini tinggal disimpan dalam freezer agar tahan lama. Saat akan dikonsumsi, kamu tinggal menggoreng otak-otak frozen sesuai selera. Cukup praktis, kan?

Sayangnya, meski praktis, masih banyak orang yang enggan menggoreng otak-otak. Jika menggoreng otak-otak asal, minyak goreng panas akan meletup keluar penggorengan. Nggak cuma itu, otak-otak yang dihasilkan pun malah mengerut setelah digoreng. Akhirnya, tampilan otak-otak tidak menarik lagi untuk disajikan.

Sebagai solusinya, sebagian orang memutuskan untuk membaluti seluruh permukaan otak-otak dengan tepung. Meski efektif membuat minyak tidak meletup keluar penggorengan, sayangnya permukaan otak-otak menjadi lebih keras dibanding jika permukaannya tidak dibalut tepung. Nah, usut punya usut ternyata ada cara yang lebih praktis untuk menggoreng otak-otak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya