6 Manfaat chia seed untuk kesehatan, bisa bantu menangkal kanker

6 Manfaat chia seed untuk kesehatan, bisa bantu menangkal kanker
foto: freepik.com

Brilio.net - Chia seed merupakan biji-bijian yang berasal dari Amerika Selatan. Chia seed ini berbentuk oval, berwarna abu-abu kehitaman dan memiliki diameter sekitar 2 milimeter. Biji yang identik sebagai makanan diet ini bersifat higroskopik, sehingga mampu menyerap cairan hingga 12 kali beratnya sendiri. Hal inilah yang kemudian mengubah bentuk chia seperti gel saat dicampurkan pada makanan atau minuman.

Dilansir dari healthline.com, chia seed mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat , protein, serat, omega 3 dan omega 6. Selain itu, chia seed juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Selain banyak manfaatnya, chia seed juga mudah ditemukan dengan kisaran harga Rp 20-30 ribu per ons.

Meskipun menyehatkan, kamu tidak boleh mengonsumsi biji chia terlalu banyak. Pasalnya, takaran yang disarankan untuk mengonsumsi biji chia adalah 2 sendok makan per hari. Karena kaya akan serat, jika terlalu banyak mengonsumsinya maka akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan diare.

Nah, apa saja sih manfaat yang terkandungdalam chia seed? Yuk, baca ulasan lengkapnya, dilansir BrilioFood dari healthline.com pada Selasa (27/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya