Ampuh tanpa baking soda dan cuka, ini cara bersihkan noda gosong di pantat teflon pakai 1 bahan dapur

Ampuh tanpa baking soda dan cuka, ini cara bersihkan noda gosong di pantat teflon pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/Keluarga KroyaSangasanga

Brilio.net - Teflon termasuk salah satu alat masak yang paling sering digunakan. Bukan tanpa alasan, teflon bisa dipakai untuk menggoreng, menumis, hingga memanggang makanan. Biasanya bahan makanan yang dimasak dengan teflon juga cenderung lebih cantik karena desainnya antilengket.

Karena desain antilengket tersebut, proses memasak bisa dilakukan tanpa menggunakan minyak. Selain itu, bahan makanan yang dimasak dengan teflon juga bisa matang merata karena bentuknya alat dapur tersebut datar. Karena sejumlah kelebihan tersebut, banyak orang kemudian sering memilih teflon sebagai alat masak andalan.

Meskipun begitu, teflon juga punya kelemahan yang tak jauh berbeda dengan panci pada umumnya. Jika digunakan terlalu sering, bagian bawah atau pantat teflon bisa menghitam. Hal ini memang lumrah terjadi karena paparan api kompor secara langsung.

Sayangnya, kondisi pantat teflon yang gosong dan hitam ini tentu membuatnya kurang menarik digunakan. Noda gosong ini juga berpotensi menebal jika tidak segera dibersihkan. Alhasil, api kompor tidak bisa memanaskan teflon secara baik karena noda gosong yang semakin berkerak. Jika sudah begitu, tentu kamu harus membersihkannya supaya teflon bisa dipakai dengan maksimal.

Untuk membersihkan noda gosong ini, sejumlah orang biasanya tidak menggunakan sabun. Mereka memilih bahan dapur seperti cuka dan baking soda. Perpaduan kedua bahan ini dianggap mampu mengangkat kerak dan noda gosong membandel di bagian bawah teflon. Namun siapa sangka, kedua bahan tersebut ternyata tidak selalu ampuh, lho.

Seorang pengguna YouTube bernama Keluarga KroyaSangasanga juga pernah mengeluhkan hal tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku penggunaan cuka dan baking soda tidak bisa sepenuhnya menghilangkan noda gosong di pantat teflon miliknya.

"Yang pakai soda soda kue, pakai cuka, nah, saya itu sudah pernah mencoba tapi nggak berhasil. Tetap saja dia harus menggunakan tenaga dalam untuk membersihkannya," ungkap YouTube Keluarga KroyaSangasanga, dikutip BrilioFood pada Senin (26/6).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya