Bekal bahan dasar kue kering, ini cara menyangrai tepung terigu yang benar

Bekal bahan dasar kue kering, ini cara menyangrai tepung terigu yang benar
foto: YouTube/Ramalia Indah

Brilio.net - Membuat kue adalah hal menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Dari berbagai jenis macam kue, kue kering menjadi olahan yang sering dibuat. Agar kue kering yang dihasilkan tidak mengalami kegagalan, pastikan bahan-bahan yang kamu gunakan memiliki kualitas baik. Tak hanya itu, kamu pun harus mencampurkan bahan sesuai dengan takaran yang ada di resep.

Dengan menggunakan bahan yang berkualitas, tentunya akan menghasilkan kue kering yang enak. Salah satu bahan utama untuk membuat kue kering adalah tepung terigu. Kebanyakan orang menyimpan tepung terigu pada suhu ruang sehingga dapat menimbulkan penguapan di dalam wadah. Dengan begitu, tekstur tepung terigu akan lembap sehingga butirannya menggumpal dan kualitasnya menurun.

Untuk menjaga kualitas tepung terigu tetap baik, kamu bisa menyangrainya terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan kue lainnya. Dengan menyangrai, tepung akan menjadi lebih kering yang membuat serbuk tepung menjadi tidak menggumpal lagi.

Menyangrai tepung sebenarnya tak jauh berbeda dengan menyangrai bahan makanan lainnya. Namun pastikan kamu melakukannya dengan cara yang benar, ya. Karena jika dilakukan secara asal-asalan, tepung terigu yang dihasilkan bisa saja gosong sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang disajikan dalam video milik Ramalia Indah. Di dalam video YouTubenya, ia membagikan tutorial bagaimana cara menyangrai tepung terigu yang benar. Dengan begitu, tepung terigu yang sudah disangrai nantinya akan menghasilkan kue kering yang lebih enak serta gurih.

"Sebenernya boleh terigu mau disangrai atau enggak, tapi kalau Mamah lebih suka disangrai terigunya. Karena kuenya bisa lebih enak, gurih, terus awet tahan lama," ujar pemilik video dikutip BrilioFood pada Selasa (3/1).

Bekal bahan dasar kue kering, ini cara menyangrai tepung terigu yang benar

foto: YouTube/Ramalia Indah

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya