Bukan dikukus, ini trik agar tahu putih tidak mudah hancur dan tetap padat saat dimasak

Bukan dikukus, ini trik agar tahu putih tidak mudah hancur dan tetap padat saat dimasak
foto: YouTube/Fitrotul Azizah

Brilio.net - Tahu putih merupakan bahan makanan yang sangat kaya nutrisi. Jika dikonsumsi, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memang bisa memberikan segudang manfaat kesehatan. Dilansir dari greatist.com, mengonsumsi tahu putih bisa membantu menjaga kesehatan tulang, jantung, hingga kulit. Selain itu, tahu putih juga bisa mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus dan bakteri.

Banyaknya manfaat tahu putih ini lantas membuatnya sering dipilih sebagai menu makan sehari-hari. Tahu putih memang bisa dengan mudah diolah jadi berbagai macam masakan. Misalnya untuk lauk, seperti tahu goreng, tumis tahu, hingga sop tahu. Atau bisa juga dijadikan camilan seperti tahu bakso, tahu krispi, dan masih banyak lagi.

Tahu putih termasuk jenis tahu yang mudah sekali ditemukan, baik di pasar tradisional, toko kelontong, atau tukang sayur. Biasanya tahu yang dijual ini dikemas dalam wadah atau plastik berisi air. Nah, penggunaan air ini dipercaya mampu menjaga tahu agar tetap awet dan tidak basi.

Tapi dalam beberapa kasus, tahu yang dibeli terkadang justru tidak sesuai ekspektasi. Alih-alih padat dan kenyal, tahu terkadang memiliki tekstur yang terlalu lunak dan berair. Jika dimasak, tahu seperti ini cenderung mudah hancur dalam waktu singkat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya