Bukan diolesi pasta gigi, ini trik agar tangan tak melepuh usai terkena cipratan minyak panas

Bukan diolesi pasta gigi, ini trik agar tangan tak melepuh usai terkena cipratan minyak panas
TikTok/@pakman3590

Brilio.net - Salah satu metode memasak yang sering dipilih adalah menggoreng. Selain mudah, hasil masakan yang digoreng pun memiliki tekstur renyah. Salah satu kunci agar hasil masakan bisa renyah adalah takaran minyak goreng lebih banyak.

Sayangnya, terkadang minyak goreng panas bisa terciprat keluar wajan. Alhasil, cipratan minyak panas tersebut bisa mengenai tangan dan membuatnya melepuh. Meski tergolong ringan, tetapi luka bakar yang dihasilkan tetap terasa nyeri, panas, hingga bikin kulit mengelupas.

Jika mengalami kejadian serupa, banyak orang langsung mengolesi kulit yang terkena cipratan minyak pakai pasta gigi. Padahal sebenarnya cara ini tidak dianjurkan, lho. Hal ini dijelaskan oleh dr. Rahman Suwardu,Sp.B, dikutip dari www.herminahospitals.com, pasta gigi malah membuat panas terperangkap di kulit. Akibatnya, kerusakan kulit bisa lebih parah dan meluas.

Untuk mengatasi rasa panas akibat cipratan minyak goreng, kamu sebaiknya memilih cara lain, ya. Nah, sebagai alternatif lain, coba tiru cara yang sempat diperlihatkan pengguna TikTok @pakman3590.

Melalui video yang dia bagikan, pengguna TikTok tersebut memperlihatkan ketika tangan rekannya terkena cipratan minyak usai memasukkan potongan ayam ke wajan besar berisi banyak miyak goreng. Uniknya, ia hanya membutuhkan satu bahan dapur, lho.

Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya