Tanpa bahan tambahan, ini trik merebus sawi agar empuk dan warnanya tetap hijau cerah

Tanpa bahan tambahan, ini trik merebus sawi agar empuk dan warnanya tetap hijau cerah
TikTok/@dedesohipah

Brilio.net - Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin tentu akan memberi manfaat baik bagi tubuh. Dilansir healthline.com, berbagai gizi dan nutrisi pada sayuran hijau bisa mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Dengan begitu, kamu akan cenderung terhindar dari hipertensi hingga serangan jantung.

Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa dipilih, salah satunya adalah sawi. Sayuran sawi bisa ditumis bersama berbagai bahan lain, dimasak bersama mi instan, maupun dikonsumsi sebagai lalapan.

Nah, kalau kamu mau membuat lalapan sawi, rebus dulu sayuran hijau ini agar teksturnya lebih empuk. Tapi sebaiknya jangan sembarangan saat merebus sawi, ya. Jika asal, tekstur sawi malah lembek bahkan hancur. Belum lagi warna hijau sawi justru luntur dan berubah kecokelatan jika terlalu lama direbus.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja menambahkan berbagai bahan ke air rebusan sawi. Misalnya pakai garam dan baking soda yang dipercaya bisa mempertahankan warna hijau cerah pada sawi.

Namun, ternyata ada cara lain yang lebih praktis untuk dipraktikkan saat merebus sawi. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @dedesohipah. Di salah satu unggahan videonya, ia mengaku nggak perlu menambahkan bahan apapun untuk menghasilkan rebusan sawi yang matang sempurna dan hijau cerah.

Lantas bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya