Bukan direndam air garam, ini trik mengukus terong agar warnanya tetap ungu cerah dan tak hitam

Bukan direndam air garam, ini trik mengukus terong agar warnanya tetap ungu cerah dan tak hitam
YouTube/阿朝哥美食

Brilio.net - Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk memasak terong, salah satunya adalah dengan dikukus. Sajian terong kukus cocok disantap sebagai lalapan atau bahan dasar berbagai masakan. Misalnya pelengkap bumbu pecel, dibikin bersama bumbu balado, terong penyet sambal, dikukus lalu diolah bareng saus tiram, dan masih banyak lagi.

Tak hanya cocok disajikan dengan berbagai bumbu, terong kukus juga dianggap jadi menu yang sehat, lho. Dibandingkan terong goreng, terong kukus lebih sehat karena mengandung sedikit kalori. Selain itu, mengukus terong juga membuat nutrisinya tidak luntur saat dikonsumsi.

Sayangnya, mengukus terong jadi pekerjaan yang susah-susah gampang, lho. Jika dilakukan asal, warna terong bisa berubah ketika dikukus. Bukan hanya kulitnya yang berubah cokelat, bagian dalam terong juga bisa jadi kehitaman. Padahal tampilan terong seperti itu tentu kurang menarik.

Untuk mencegah perubahan warna pada terong, sejumlah orang biasanya akan merendamnya di air garam sesaat setelah dipotong. Namun terkadang, cara tersebut tidak selalu ampuh. Karena terong yang dikukus akan teroksidasi dengan lebih cepat, sehingga tetap berpotensi mengubah warnanya.

Jika kamu gemar mengonsumsi terong kukus, coba tiru trik yang dibagikan oleh seorang chef asal China bernama Ah Chao. Melalui YouTube pribadinya, Chef Ah Chao menjelaskan dengan detail trik mengukus terong agar tak berubah warna. Di akhir video, tampak terong yang dikukus memang benar-benar cerah dan dagingnya pun putih bersih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya