Bukan ditaburi garam, begini cara menggoreng ikan supaya dagingnya tak mengerut dan lengket di wajan

Bukan ditaburi garam, begini cara menggoreng ikan supaya dagingnya tak mengerut dan lengket di wajan
foto: TikTok/@ceritaabunda

Brilio.net - Ikan goreng termasuk salah satu lauk yang digemari banyak orang. Rasanya yang gurih dan proteinnya yang tinggi membuat ikan goreng kerap dipilih sebagai menu lauk sehari-hari. Tak cuma itu, ikan goreng juga selalu cocok disantap dengan berbagai macam menu sayur sebagai pelengkap bahan berat.

Pada dasarnya, membuat ikan goreng ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan ikan dan memarinasinya dengan sejumlah bumbu. Sebagian orang ada yang menggunakan bumbu racikan sendiri, namun ada juga yang memakai bumbu instan dalam bentuk kemasan.

Nah, ikan yang sudah dimarinasi dengan bumbu tadi memang bisa langsung digoreng begitu saja. Namun proses penggorengan ini sering menjadi tantangan bagi banyak orang. Tidak seperti bahan makanan lain, menggoreng ikan dapat menimbulkan letupan minyak. Dan nggak cuma itu, permukaan daging ikan yang lembap membuatnya mudah lengket di wajan saat digoreng.

Pada dasarnya, memang perlu trik tertentu saat menggoreng ikan. Sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan tambahan, seperti garam. Jadi ikan yang hendak digoreng akan dilapisi dengan garam tersebut dahulu. Usut punya usut, garam dipercaya dapat menyerap sisa air dari ikan, sehingga mencegahnya lengket di wajan.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, cara tersebut kurang ampuh. Alhasil, banyak orang masih memutar otak untuk bisa menggoreng ikan dengan aman dan utuh. Salah satu orang yang menggunakan cara dan bahan lain adalah pengguna TikTok @ceritaabunda.


(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya